Post Page Advertisement [Top]


1. Introducing About Website
 
Hallo teman teman semuanya apa kabar, semoga sehat sehat saja ya dimanapun teman teman berada

disini, di dalam blog ini, saya selaku blog writer akan memberikan tutorial tutorial dalam dunia informatika, khususnya pemrograman web. Jadi tetap ikuti terus perkembangan dari blog study club informatika ini, semoga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat, dan berguna untuk teman teman semuanya.

Sebelum kita masuk ke tutorial pemrogramannya, ada kalanya lebih baik kita mengetahui dulu sekilas teori dari website ini. Ya namanya juga kan kita ingin belajar membuat website ya, jadi sebelum membuat kita harus faham dulu nih maksud dan arti dari website itu seperti apa, perkembangannya, macam macam dan jenisnya, serta kegunaannya. Jadi, Ayo kita mulai pembelajaran awalnya dari mengenal sebuah website.

Oh iya saya ingin mengingatkan bahwa artikel ini akan berseri sesuai tahapan pembelajaran kita, jadi, kita tidak membahas keseluruhan dalam 1 artikel, melainkan akan terdiri dari beberapa artikel lainnya. Dan agar suasana belajar nyaman, saya sarankan untuk teman teman menyiapkan beberapa cemilan dan kopi favorite terlebih dahulu, setelah itu, bisa kembali menyimak artikel tutorial ini sambi menikmati cemilan dan kopi favorite teman teman.

Oke kita masuk ke pembelajarannya.

APA ITU WEBSITE ?

Apa itu website ? pasti teman teman semua sudah pernah ya menggunakan website, baik itu untuk akses informasi melalui google, mencari berita dan informasi, bermedia sosial, atau bahkan belanja online. Kita semua pasti pernah menggunakan website kan ya. Tapi lain daripada itu, teman teman tau ga sih maksud dari "WEBSITE" itu apa ?

Website adalah sebuah halaman yang ada di internet, yang menampilkan sebuah informasi baik berupa gambar maupun audio video visual. Nah teman teman pastinya juga tau kan yang namanya Google Chrome? Mozilla Firefox? Internet Explorer? Opera Mini? dan lain lain. Nah itu adalah yang dimaksud dengan Browser. Browser digunakan untuk mengakses website melalui jaringan internet. Jadi, Website itu diaksesnya ya menggunakan browser, terserah apapun bentuk browsernya yang penting bisa mengakses website melalui jaringan internet. Itu adalah kuncinya.

Nah di dalam sebuah Website, terdapat banyak sekali informasi yang dibuat oleh perorangan, kelompok, ataupun sebuah organisasi tertentu. Semua informasi yang ada di dalam website tersebut, tersimpan di dalam sebuah penyimpanan yang disebut dengan "Server" . Lalu server itu apa ? untuk pembelajaran mengenai server ini akan kita bahas di artikel lainnya ya, jadi sekarang kita yang penting fokus dulu aja mengetahui arti dari website itu sendiri. Karena penting banget kalau kita ingin membuat suatu website, ya kita harus tau dulu definisi awal dari website itu seperti apa dan bagaimana cara kerjanya.

SEJARAH SINGKAT WEBSITE

Website adalah sebuah teknologi yang sebetulnya sudah ada dari 30 tahun lalu, tim dari Berners-Lee yang merupakan seorang ilmuwan inggris menemukan apa yang disebut dengan World Wide Web (WWW), nah pasti udah gak pada asing kan mengenai WWW ini, ya karna memang sudah sering banget ya kita mendengar istilah ini. WWW ini ditemukan pada tahun 1989 ketika ilmuwan inggris tersebut bekerja di CERN (Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire). Website pada awalnya dibuat dan dikembangkan hanya sebagai permintaan dalam proses berbagi informasi secara  otomatis antar ilmuwan di universitas dan lembaga yang ada di seluruh dunia. Tahu gak teman teman kalau website pertama di CERN ini bisa dianggap sebagai web pertama di dunia lho dan juga pada tahun 2013 CERN merilis apa yang disebut dengan :

"a project to restore the first ever website : info.cern.ch" 

untuk mengabadikan website pertama di dunia. Keren kan.


WEBSITE DI JAMAN SEKARANG

Website di jaman sekarang ini sudah berkembang dengan sangat cepat sekali. Website tidak lagi hanya sekedar menjadi media informasi saja, tapi sudah menjadi aplikasi kebutuhan utama untuk pengguna. Contoh kalau jaman dulu website hanya sekedar untuk mencari berita, seiring berjalannya waktu website bisa digunakan untuk berkomunikasi dan berjejaring sosial, lahirlah seperti facebook dan twitter, tak hanya itu, website berkembang lagi dan bisa untuk sarana bermain games, editing, atau tools tools yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Mungkin segini dulu yah teman teman untuk pembelajaran kita kali ini, semoga bermanfaat buat temen temen. Kalau suka dengan konten seperti ini, bisa di share ke yang lainnya, agar kita semua bisa belajar bersama sama ya, Jadi kita memang belum ngoding dulu sejauh ini. Tapi gapapa teman teman gak perlu khawatir karna kita akan ngoding juga pada saatnya. Jadi ditunggu aja ya untuk tutorial tutorial selanjutnya.  Saya Reza, terima kasih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Writter by Reza