Post Page Advertisement [Top]


2. Server Side and Client Side

Hallo teman teman semuanya apa kabar, semoga sehat sehat saja ya dimanapun teman teman berada. Kembali lagi di Blog Study Code Informatika,  masih bersama saya Reza Febriansyah penulis konten yang tak pernah bosan untuk update tutorial pemrograman web nya setiap hari. Jadi, doakan terus agar saya tetap aktif, rajin, dan rutin dalam updatenya.

Disini, di dalam blog ini, saya selaku blog writer akan memberikan tutorial tutorial dalam dunia informatika, khususnya dalam pemrograman web. Jadi tetap ikuti terus perkembangan dari blog Study Code Informatika ini, semoga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat, dan juga bisa berguna untuk teman teman semuanya.

Sebelum kita masuk ke tutorial pemrogramannya, ada kalanya lebih baik kita mengetahui dulu ya sekilas teori dari website ini. Ya namanya juga kan kita ingin belajar membuat website ya, jadi sebelum membuat kita harus faham dulu nih maksud dan arti dari website itu seperti apa, perkembangannya, macam macam dan jenisnya, serta kegunaannya. Jadi, Ayo kita mulai pembelajarannya yang sekarang sudah masuk topic ke 2 yaitu mengenai Server Side dan Client Side.

Oh iya saya ingin mengingatkan bahwa artikel ini akan berseri sesuai tahapan pembelajaran kita, jadi, kita tidak membahas keseluruhan dalam 1 artikel, melainkan akan terdiri dari beberapa artikel lainnya. Dan agar suasana belajar menjadi lebih nyaman, saya sarankan untuk teman teman menyiapkan beberapa cemilan dan kopi favorite kalian terlebih dahulu, setelah itu, teman teman bisa kembali menyimak artikel tutorial ini sambil menikmati cemilan dan kopi favorite kalian. Dan juga ini mungkin untuk teman teman yang baru saat ini bergabung di Study Code Informatika dalam topik kedua ini, saya sarankan untuk teman teman pelajari dulu atau lihat dulu materi di topik sebelumnya mengenai pengertian dan definisi dari Website yang linknya saya taruh disini :


setelah itu teman teman bisa kembali lagi kesini dan lanjut ikut belajar di seri topik kedua ini.

Oke kita masuk ke pembelajarannya.

SERVER SIDE

Sebelum kita langsung terjun ngoding, kita harus tau dulu beberapa hal nih temen temen, salah satunya adalah kita harus mengenal perbedaan mengenai sisi server dan juga sisi client. Kalau teman teman masih ingat, di postingan sebelumnya saya sudah sempat menyinggung mengenai apa itu Server. Hanya saja tidak saya rincikan disana karna di topic kedua inilah kita akan membahasnya sama sama.

SERVER ADALAH

Server yang sebenarnya adalah sebuah software fungsi khusus yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer lainnya. Sebenarnya, dengan banyaknya anggapan bahwa Server merupakan teknologi komputer dengan spesifikasi dan performa yang tinggi itu sah sah aja temen temen, ya memang benar sih, yang namanya server pasti harus mempunyai performa yang tinggi dan penyimpanan yang besar karena server tidak hanya tentang penyimpanan data, namun juga tentang pengelolaan data yang di minta oleh client. Nah terus ada lagi nih yang disebut dengan Web Server. Web Server adalah sebagai tempat atau wadah dari website yang akan kita buat nantinya. Kedepannya, nanti kita akan mengenal Web Server Local menggunakan aplikasi XAMPP. Tapi temen temen sabar dulu ya kita belum sampai kesana, karna masih sangat jauh sekali pembahasan kita. Tapi yang penting setidaknya temen temen udah tau dulu dan udah punya bayangan mengenai maksud dari server itu apa. Gitu ya temen temen.
Selain Web Server, ada yang harus temen temen ketahui juga nih yaitu DNS Server. Apa lagi itu DNS Server? Secara gampangnya gini deh temen temen, temen temen sudah tau belum kalau ini tu 157.240.11.35 IP Website apa? Tidak tau kan? Kenapa? Ya karna berbentuknya hanya alamat IP biasa atau Internet Protocol, hanya berupa angka angka saja.

Nah terus gimana dong caranya agar kita tau nih itu alamat IP website apa sih?. Ya berarti gampang aja kan ya, tinggal klik aja itu IP nya, dan liat dia mengarah ke website apa?
Sudah ketemu? Yapp, bener itu adalah alamat IP dari Facebook. Tapi, masa iyasih misal kita mau akses facebook nih, dan kita harus ngehafalin dulu sebaris angka angka alamat IP tersebut. Nah pasti merepotkan banget kan? Itu baru facebook lho, belum lagi misalnya kita mau akses situs web lain, bayangin aja gimana repotnya kalo kita harus ngehafalin semua alamat alamat IP tersebut dari internet. Pastinya bakal ngerepotin banget sih. Nah solusinya adalah, ada teknologi yang dinamakan DNS Server, atau singkatan dari Domain Name System Server. Diinget inget ya temen temen, ini penting banget soalnya. Ini harus kita fahami dulu istilah istilah dasar ini agar kedepannya kita bias lebih enak lagi belajarnya.

Nah Teknologi DNS Server ini adalah untuk mengubah dari alamat IP yang begini :

Menjadi seperti ini :

Nah, keren kan? sekarang kita jadi tau nih alamat ini tu mengarahnya ke website apa gitu kan? Iya dong kan udah keliatan namanya, jadi kita search di google pun enak karna namanya jelas. Ya,jadi itu ya intinya temen temen mengenai DNS Server, dan sekarang kita beralih ke sisi Client atau Client Side.

CLIENT SIDE

Client itu bisa kita sebut sebagai user, atau pengguna lah bahasa gampangnya, pengguna yang menggunakan suatu teknologi baik itu aplikasi, system, maupun website, pokoknya yang menggunakan disebutnya client atau user.

Nah client inilah yang menjadi flow request atau alur  keluar masuknya akses data dan informasi. Nah melalui browser, client bisa bertransaksi data bertukar data dengan server melalui HTTP Server.
Jadi, pada intinya adalah Server Side dan juga Client Side merupakan sebuah perbedaan proses yang terjadi diantara keduanya. Di sisi Server beda, di sisi Client juga beda. Di sisi Client, ya semua proses terjadi di sisi client aja, beda lagi dengan sisi server yang hanya bertanggung jawab untuk menerima request atau permintaan dari client. Jadi misalnya gini, di sisi server kan ada juga tuh yang namanya Database, kalau temen temen masih belum tau Database itu apa, di topic topic kedepannya mungkin nanti bisa kita bahas, yang pasti, client ini tuh gak perlu harus sampai tau database nya ini tu seperti apa dan bagaimana, itu tidak perlu ya temen temen, karna Database hanya main di sisi Server aja, tidak sampai ke sisi Client.

Mungkin segini dulu yah teman teman untuk pembelajaran kita kali ini, semoga bisa bermanfaat buat temen temen. Kalau suka dengan konten seperti ini, bisa di share ke yang lainnya juga, agar kita semua bisa belajar bersama sama disini, Gitu ya temen temen ya, jadi kita memang belum ngoding dulu sejauh ini. Tapi gapapa teman teman gak perlu khawatir karna kita akan ngoding juga pada saatnya nanti di topik topik yang akan datang. Jadi ditunggu aja ya untuk tutorial tutorial selanjutnya.  Saya Reza, dan saya ucapkan terima kasih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Writter by Reza