Post Page Advertisement [Top]



3. Preparation Tools

Hallo teman teman semuanya apa kabar, semoga sehat sehat saja ya dimanapun teman teman berada. Kembali lagi di Blog Study Code Informatika,  masih bersama saya Reza Febriansyah penulis konten yang tak pernah bosan untuk update tutorial pemrograman web nya setiap hari. Jadi, doakan terus agar saya bisa tetap aktif, rajin, dan rutin dalam updatenya.

Disini, di dalam blog ini, saya selaku blog writer akan memberikan tutorial tutorial dalam dunia informatika, khususnya dalam pemrograman web. Jadi tetap ikuti terus perkembangan dari blog Study Code Informatika ini, semoga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat, dan juga bisa berguna untuk teman teman semuanya.

Di topic ke 3 ini, kita memang sudah akan memulai proses coding kita. Tetapi, sebelum masuk ke step codingannya, masih ada beberapa hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran coding kita.

Oh iya saya ingin mengingatkan bahwa artikel ini akan berseri sesuai tahapan pembelajaran kita, jadi, kita tidak akan membahas keseluruhan materi dalam 1 artikel, melainkan akan terdiri dari beberapa artikel lainnya. Dan agar suasana belajar menjadi lebih nyaman, saya sarankan untuk teman teman menyiapkan beberapa cemilan dan kopi favorite kalian terlebih dahulu, setelah itu, teman teman bisa kembali menyimak artikel tutorial ini sambil menikmati cemilan dan kopi favorite kalian.

Oke kita masuk ke pembelajarannya.

PREPARATION TOOLS

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya diawal, kalau kita akan mempersiapkan terlebih dahulu tools atau software pendukung untuk mempermudah jalannya proses pembelajaran kita. Jadi yang pertama yang paling penting adalah kita harus persiapkan dulu  yang namanya Browser.

BROWSER

Bagi temen temen yang sudah mengikuti seri ini mulai dari topik awal, pasti temen temen sudah tidak asing lagi ya dengan istilah Browser disini. Nah untuk teman teman yang mungkin baru bergabung dengan Study Code Informatika khususnya dalam seri Pemrograman Web Dasar ini, saya sarankan agar teman teman melihat dulu postingan pembelajaran kita yang sebelumnya, ya, agar temen temen juga enak nantinya untuk ngikutin tutorial ini sampai selesai. Jadi dilihat dulu aja materi yang sebelumnya, kalau sudah, temen temen boleh kembali lagi kesini dan melanjutkan pembelajarannya. Untuk linknya saya berikan disini ya :


Nah, kita sudah tahu kan kalau untuk mengakses suatu situs website diperlukan software yang disebut dengan Browser. Browser ini ada macam macam ya, temen temen boleh bebas menggunakan Browser apapun sesuai keinginan dan kenyamanan temen temen sekalian. Pakai
Google Chrome boleh, Mozilla Firefox boleh, Opera Mini boleh dan lain lain. Pokoknya intinya namanya Browser aja ya. Temen temen boleh bebas mau download yang manapun.

Kalau saya pribadi disini kebetulan menggunakan Browser Mozilla Firefox


Sebenernya, kalau temen temen bisa mengakses blog ini, ya otomatis berarti kalian pastinya sudah menggunakan browser kan ya.

Sampai disini, saya anggap temen temen sudah menyiapkan Browser pilihan kalian. Dan Browser ini lah yang akan kita gunakan sampai akhir tutorialnya nanti.

Nah kalau sudah siap Browsernya, masih ada lagi aplikasi yang harus kalian siapkan, yaitu Text Editor.

TEXT EDITOR

Text Editor merupakan software yang akan membantu kita dalam menulis baris baris code. Kalau kalian kenal dengan Notepad, nah itulah yang dimaksud dengan Text Editor. Sebenarnya kita bisa bisa aja sih ngodingnya cukup menggunakan Notepad aja. Tapi akan sangat sulit sekali, karena kalau kita menggunakan Text Editor khusus untuk ngoding, kita akan diberikan kemudahan dari fitur fitur text editor yang kita gunakan. Dan juga visual nya lebih enak dilihat aja gitu.

Oh iya untuk Text Editor ini pun kalian juga sama ya, boleh bebas menggunakan Text Editor mana aja. Ada banyak banget macam macam Text Editor yang bisa kalian pilih mulai dari Visual Studio Code, Sublime Text, Atom, Notepad++, dan lain lainnya. Kalian bisa googling aja sendiri dan cari aplikasi Text Editor pilihan kalian yang kalian senangi. Setelah itu kalian bisa langsung download aja dan install aplikasinya.

Saya sendiri kebetulan menggunakan aplikasi Text Editor yang bernama Sublime Text 3


Oke ya temen temen, sampai tahap ini, saya anggap teman teman sudah ready menggunakan Browser dan juga sudah menyiapkan aplikasi Text Editornya.

Selanjutnya, hal yang harus kita persiapkan adalah direktori penyimpanan dari file file project kita nanti. Ya, kita akan bikin bareng bareng disini

1.      Buat folder dengan nama “Project Web Dasar” di lokasi bebas aja ya, atau kalian mau ditaruh di drive D:/ juga tidak apa apa

2.      Klik folder “Project Web Dasar” dan didalam foldernya itu bikin folder baru lagi dengan nama “assets”

3.      Kalau sudah, didalam folder “assets” tersebut, bikin lagi satu folder dengan nama “images” nah di folder ini nantinya kita akan menyimpan gambar gambar yang akan kita gunakan dalam pembelajaran kedepan

Setelah folder sudah siap semua, sekarang mari buka Text Editor teman teman

4.      Jika teman teman sudah membuka Text Editornya, langkah selanjutnya adalah teman teman buka folder direktori yang sudah kita buat tadi. Kalau kalian yang menggunakan Sublime seperti saya, kalian bisa klik “file” dan pilih menu “open folder”


Setelah itu, cari dan pilih direktori yang sebelumnya sudah kita buat, dan langsung klik tombol “Select Folder”






Sudah selesai, persiapan kita selesai sampai disini. Ohiya untuk teman teman yang menu sidebar disampingnya tidak muncul, teman teman bisa tekan tombol keyboard Ctrl+K setelah itu langsung tekan Ctrl+B, nanti sidebar disamping akan muncul untuk menunjukan lokasi  ata direktori folder penyimpanan dari project kita. Ya, jadi gitu ya temen temen.

Mungkin cukup segini dulu yah untuk  pembelajaran kita kali ini, semoga bisa bermanfaat buat temen temen. Kalau suka dengan konten seperti ini, bisa di share ke yang lainnya juga, agar kita semua bisa belajar bersama sama disini, Gitu ya temen temen ya, jadi kita memang belum ngoding dulu sejauh ini, kita masih proses persiapan awalnya, tapi gapapa teman teman gak perlu khawatir karna di postingan selanjutnya kita akan mulai ngodingnya. Jadi ditunggu aja ya untuk tutorial selanjutnya. Saya Reza, dan saya ucapkan terima kasih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Writter by Reza