Post Page Advertisement [Top]





6. Attribute HTML

Hallo teman teman semuanya apa kabar, semoga sehat sehat saja ya dimanapun teman teman berada. Kembali lagi di Blog Study Code Informatika,  masih bersama saya Reza Febriansyah penulis konten yang tak pernah bosan untuk update tutorial pemrograman web nya setiap hari. Jadi, doakan terus agar saya bisa tetap aktif, rajin, dan rutin dalam updatenya.
Disini, di dalam blog ini, saya selaku blog writer akan memberikan tutorial tutorial dalam dunia informatika, khususnya dalam pemrograman web. Jadi tetap ikuti terus perkembangan dari blog Study Code Informatika ini, semoga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat, dan juga bisa berguna untuk teman teman semuanya.

Nah di topic kita kali ini, kita akan melanjutkan seri kita mengenai pemrograman web dasar, dan sekarang kita sudah masuk di topic ke 6, yaitu membahas Atribute dari HTML. Nah makudnya gimana ka atribut itu? Kita akan bahas bareng bareng sekarang oke. Tapi sebelum itu, untuk teman teman yang mungkin baru bergabung di blog Study Code Informatika ini khususnya dalam seri pemrograman web dasar topik 6, saya sarankan untuk teman teman mempelajari dulu materi kita di topik sebelumnya, agar ketika temen temen mengikuti seri tutorial ini, temen temen ga akan kebingungan dan kesulitan, gitu ya temen temen, nanti kalau sudah dipelajari, temen temen boleh next dan bergabung di topik ke 6 ini. Oiyah ini link materi sebelumnya akan saya kasih disini :

Oh iya saya ingin mengingatkan lagi bahwa artikel ini akan berseri sesuai tahapan pembelajaran kita, jadi, kita tidak akan membahas keseluruhan materi dalam 1 artikel, melainkan akan terdiri dari beberapa artikel lainnya. Dan agar suasana belajar menjadi lebih nyaman, saya sarankan untuk teman teman menyiapkan beberapa cemilan dan kopi favorite kalian terlebih dahulu, setelah itu, teman teman bisa kembali menyimak artikel tutorial ini sambil menikmati cemilan dan kopi favorite kalian.
Oke sip ya, kita masuk ke pembelajarannya.

PENGENALAN ATRIBUT

Atribut itu pada dasarnya adalah yang “menempel” di tag html. Seperti contohnya misal kita ingin memberikan class pada tag tertentu, atau ingin memberikan id, style dan apapun. Tapi contoh ini tidak akan saya jelaskan secara detail disini ya, saya akan membuat topic tersendiri tentang hal tersebut. Intinya atribut itu sesuatu yang nempel pada tag html.

Atribut ini berfungsi untuk memberikan informasi dan isi value dari tag elemennya.

Cara menuliskannya yaitu setelah nama dari tag elemennya. Seperti ini, misalnya kita ingin memberikan class pada tag elemen “p” berarti :

<p class=”paragraph”>

Seperti itu misalnya. Jadi atribut class dituliskan setelah nama dari tag elemennya.

Nah pasti temen temen bertanya, “paragraph” itu apa ?, jadi tulisan “paragraph” itu adalah value atau nilai atau isi dari atribut si tag elemennya tadi. Gimana paham gak maksudnya? . Oke gini deh

 
Nomor 1, itu adalah tag elemen utamanya, atau elemen induk nya

Nomor  2, itu adalah atributnya, nah dicontohnya kan tadi kita ngasih atributnya itu pake class, jadi disini kita kasihnya class

Nomor 3, itu adalah value atau nilai dari atributnya. Di contoh kan atributnya class, nah classnya itu apa? Pasti ada isinya dong? Isinya itu ya “paragraph”

Nomor 4, itu isi text dari tag elemen p nya, pasti temen temen udah tau kan ya kalau temen temen mengikuti seri tutorial ini dari awal.

Sebenernya ada banyak macam macam atribut itu, gak Cuma class, diantaranya ada :

Accesskey : Ini untuk menentukan shortcut nya dari suatu tag elemen

Class : Ini untuk memberikan classname dari suatu tag elemen

Contentedittable : Ini untuk menentukan konten dari tag elemennya ini bisa di ganti atau enggak

Data-* : Ini untuk menyimpan suatu data ke dalam page atau aplikasinya

Dir : Ini untuk menentukan arah dari suatu text konten berdasarkan elemennya

Draggable : Ini untuk menentukan elemen ini bisa di drag atau enggak

Dropzone : Ini untuk menentukan data yang di drag adalah data yang disalin atau enggak, atau data di tautkan atau bagaimana

Hidden : Ini untuk menentukan elemen ini ditampilkan ke browser atau enggak

Id : Hampir sama seperti class, cuman bedanya klo isi value dari id gabisa sama, harus unique

Lang : Ini dari tulisannya aja udah jelas ya sebenernya, yang berarti language, bahasa yang digunakan dalam konten

Spellcheck : Ini untuk menentukan elemen yang dituju itu harus di periksa gak ejaannya atau tata bahasanya

Style : Ini untuk menentukan gaya atau style dari elemennya, ini berhubungan dengan cara css

Translate : Ini untuk menentukan konten elemen ini harus diterjemahkan atau enggak

Mungkin cukup segini dulu yah untuk  pembelajaran kita kali ini, semoga bisa bermanfaat buat temen temen. Kalau suka dengan konten seperti ini, bisa di share ke yang lainnya juga, agar kita semua bisa belajar bareng bareng disini, Gitu ya temen temen ya, kita sekarangsudah tau ni atribut itu definisinya apa, cara penulisannya, dan berbagai macam contohnya. Untuk pembahasan lebih lanjutnya kita sambung di artikel topik yang akan datang ya. Setidaknya yang penting kita sudah belajar hal baru disini. Jadi ditunggu aja ya tutorial selanjutnya. Untuk itu sekian dulu dari saya Reza, dan saya ucapkan terima kasih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Writter by Reza