Post Page Advertisement [Top]



5. HTML Structure

Hallo teman teman semuanya apa kabar, semoga sehat sehat saja ya dimanapun teman teman berada. Kembali lagi di Blog Study Code Informatika,  masih bersama saya Reza Febriansyah penulis konten yang tak pernah bosan untuk update tutorial pemrograman web nya setiap hari. Jadi, doakan terus agar saya bisa tetap aktif, rajin, dan rutin dalam updatenya.
Disini, di dalam blog ini, saya selaku blog writer akan memberikan tutorial tutorial dalam dunia informatika, khususnya dalam pemrograman web. Jadi tetap ikuti terus perkembangan dari blog Study Code Informatika ini, semoga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat, dan juga bisa berguna untuk teman teman semuanya.

Nah di topic kita kali ini, kita akan melanjutkan seri kita mengenai pemrograman web dasar, dan sekarang kita sudah masuk di topic ke 5, yaitu membahas struktur dasar dari HTML. Nah gimana struktur dokumen nya? Kita akan bahas bareng bareng sekarang oke, tapi sebelum itu, untuk teman teman yang mungkin baru bergabung di blog Study Code Informatika ini khususnya dalam seri pemrograman web dasar topik 5, saya sarankan untuk teman teman mempelajari dulu materi kita di topik sebelumnya, agar ketika temen temen mengikuti seri tutorial ini, temen temen ga akan kebingungan dan kesulitan, gitu ya temen temen, nanti kalau sudah dipelajari, temen temen boleh next dan bergabung di topik ke 5 ini. Oiyah ini link materi sebelumnya akan saya kasih disini :

Lalu saya juga ingin mengingatkan lagi bahwa artikel ini akan berseri sesuai tahapan pembelajaran kita, jadi, kita tidak akan membahas keseluruhan materi dalam 1 artikel, melainkan akan terdiri dari beberapa artikel lainnya. Dan agar suasana belajar menjadi lebih nyaman, saya sarankan untuk teman teman menyiapkan beberapa cemilan dan kopi favorite kalian terlebih dahulu, setelah itu, teman teman bisa kembali menyimak artikel tutorial ini sambil menikmati cemilan dan kopi favorite kalian.
Oke sip ya, kita masuk ke pembelajarannya.


STRUKTUR DOKUMEN HTML

Seperti yang kalian baca ya, jadi kita disini membahas Struktur Dokumen dari HTML, nah struktur dokumen ini adalah yang menjadi bagian bagian inti di dalam dokumen HTML. Contohnya sama seperti kalian membaca buku, majalah, koran maupun artikel yang ada di internet, semua hal tersebut ada struktur dasar dokumennya, seperti judul, sub judul, isi konten atau informasi beritanya, dan lain lain. Biasanya kalau kalian perhatikan, di struktur dasar dokumen tersebut ukuran judul dan uukuran sub judulnya pasti beda deh, nah kenapa? Ya karena untuk membedakan ya antar judul utama dengan sub judulnya. Kalau misal ukurannya sama, nanti gak ketahuan ni mana yang judul, dan mana yang jadi sub judul, karena pembaca nanti bingung, ukuran dan font keduanya memiliki kesamaan.

Jadi seperti apa sih struktur dasar dokumen dari HTML itu? secara garis besarnya bisa dikatakan seperti ini, coba perhatikan.

Sekarang saya minta coba temen temen buka text editornya, dan ketik seperti yang saya contohkan ini ke dalam file “latihan 1.html”. Untuk hasil pengerjaan kita di topic sebelumnya silahkan boleh dihapus aja, dang anti sama yang ini

 

Kalau sudah, coba deh kita liat dulu hasilnya di browser, klik kanan dan pilih “Open in browser”
 

Coba dilihat deh temen temen, sekarang struktur dokumennya udah bener nih, ada judul utamanya diatas, terus ada sub judulnya juga, dan ada text paragrafnya, oiya kita juga udah menambahkan title diatas browsernya itu sesuai dengan text yang kita masukin di tag <title> coba dilihat deh.




Oke sip ya, mantap, sekarang kita bahas dulu satu persatu mengenai struktur dasar dari dokumen HTML ini.





(1) HTML
Merupakan struktur yang ada di paling atas dan paling bawah dokumen website, ini merupakan tag utama untuk membuat sebuah script document html. Dengan membuat tag <html> di paling atas struktur dokumen website dan membuat tag penutupnya </html> di paling bawah struktur dokumen website, maka di dalamnya kita juga bisa membuat tag tag lain untuk membuat sebuah text atau konten baru.

(2) HEAD
Tag ini merupakan tag yang letaknya ada dibawah persis tag <html> . Di dalam tag ini, kita bisa menaruh beberapa tag lain seperti <title> , <link> untuk mengkoneksikan file html kita dengan file css, lalu juga tag <meta> dan masih ada beberapa tag lainnya.

(3) TITLE
Kalau ini adalah tag yang merupakan bagian dari tag <head> , letaknya ada di dalam tag <head>. Fungsinya itu ya untuk memberikan judul halaman kepada user, seperti yang sudah saya contohkan seperti ini

 

Ini memberi tahu bahwa sekarang user sedang berada di halaman “ini judul halaman web” , nah nanti text ini bisa kita ganti sesuai dengan nama halaman yang kita buat. Sip ya

(4) BODY
Nah tag ini merupakan tag yang paling penting di dalam struktur dokumen website. Karena, di dalam tag ini tersimpan banyak sekali tag tag untuk mendukung pembuatan isi konten dari HTML nya. Contohnya kita bisa memberikan tag judul atau heading di dalam tag <body> ini, selain itu kita bisa menambahkan tag tag lainnya seperti paragraf, gambar, list, form inputan, tabel dan masih banyak yang lainnya.

(5) HEADING dan (6) PARAGRAF
Tag ini adalah sebagian tag yang ada di dalam <body> . Seperti yang sudah kita praktekkan tadi ya temen temen, kita memasukan tag <h1>Judul utama</h1> di dalam tag <body> . Nah itu artinya, tag <h1> ini seakan akan menjadi judul utama dari dokumen html yang kita buat. Sedangkan yang sub judul nya, di contoh tersebut saya bedakan menjadi tag <h3> , yapp benar, hanya berbeda angka saja, nah angka ini akan mempengaruhi ukuran dari text tersebut. Contohnya ketika saya menggunakan tag <h1> , ukurannya akan jauh lebih besar dari tag <h3> , mengapa demikian? Karena dalam konsep tag heading, angka terkecil akan menjadi ukuran text terbesar.

Okey, saya contohkan deh, sekarang coba saya minta temen temen untuk menuliskan seperti yang saya contohkan dibawah ini

Dan sekarang liat hasilnya di browser. Buka hasil kita yang tadi, dan tekan “F5”
 

Gimana, bener kan? Tag ukurannya akan berurutan sesuai dengan apa yang kita tuliskan. Jadi, hukumnya dalam tag heading itu adalah semakin kecil angkanya, maka akan semakin besar ukuran textnya. Nah kalau tag paragraf <p> , ini tag untuk menuliskan deskripsi atau isi dari konten yang ingin kita sajikan dalam jumlah karakter yang banyak.

Mungkin cukup segini dulu yah untuk  pembelajaran kita kali ini, semoga bisa bermanfaat buat temen temen. Kalau suka dengan konten seperti ini, bisa di share ke yang lainnya juga, agar kita semua bisa belajar bareng bareng disini, Gitu ya temen temen ya, kita sekarang Alhamdulillah sudah bisa membuat struktur dari dokumen html dan juga beberapa isi tag di dalamnya seperti title, heading dan juga paragraph. Untuk pembahasan lebih lanjutnya kita sambung di artikel topik yang akan dating ya. Setidaknya yang penting kita sudah belajar hal baru disini. Jadi ditunggu aja ya untuk tutorial selanjutnya. Untuk itu sekian dulu dari saya Reza, dan saya ucapkan terima kasih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Writter by Reza